Tarian Tide Tide

Tari tide tide merupakn  tarian khas daerah  Halmahera Utara yang biasanya dipentaskan atau ditarikan  pada acara tertentu seperti pada pesta perkawinan adat dan juga  pesta rakyat adat daerah Halmahera. Gerakan dan lekukan pada tarian Tidetide mempunyai makna tertentu yang bisa diartikan sebagai bahasa pergaulan yang akrab sehingga
Tidetide juga dikenal sebagai tari pergaulan. 

Tarian ini bisanya  dibawakan oleh kelompok penari pria dan wanita yang berjumlah 12 orang sambil diiringi tabuhan tifa, gong dan biola tentu tarian adat ini sangat digemnari dan disukai oleh warga didaerah Halmahera terutama Ternate. tarian Tide-Tide yang berasal dari daerah ternate dan tarian tersebut mempunyai ciri khas adat seatoran Maluku kie raha sehingga tarian ini di pakai dalam upacara perkawinan maupun acara hajatan dan lain-lain.

Tarian ini juga dapat diartikan sebagai kesuburan alam semesta serta motif-motif mistik. sebagai tarian adat  tide-tide merupakan bentuk tarian tradisional yang sudah sangat kuno. Tarian ini aslinya tidak bersifat liris, ditarikan secara duet oleh penari putera- puteri dalam 2 sampai 6 pasangan. Tarian Tide Tide memang merupakan tari peningalan nenek moyang didaerh Halmahera meskipun tarian ini sangat kuno tp tarian ini tetap menjadi bagian dari masyarakat Halmahera yang sampai sekarang masih tetap dilaksanakan.




Destinasi Wisata Pilihan Lainnya
Dimana saja destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di Kabupaten
Pulau Morotai untuk rencana liburan anda